-->

Support Me

Review ISP Malaysia: Maxis, Celcom, TuneTalk, Digi, uMobile dan Yes4G



Internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi hampir seluruh manusia dimuka bumi. Jadi tak heran jika diberbagai negara banyak layanan telkomunikasi yang juga menyediakan jasa internet untuk pelanggan setianya. Tak terkecuali negara yang berlokasi di Asia khususnya Indonesia, Malaysia, dan juga Singapura.

Dari itu saya yang juga termasuk golongan katagori orang yang ‘hampa tanpa internet’ dan terbilang cukup lama berkecimpung didalamnya (penikmat). Ada banyak layanan yang telah saya pakai untuk menikmati jaringan internet dengan penyedia jasa yang berbeda. Mulai dari penyedia jasa internet di Indonesia hingga penyedia jasa internet negara tetangga, yaitu Malaysia.

Untuk mencurahkan segala pengalaman saya dalam menggunakan jaringan internet dari jasa yang berbeda saya akan mengulas penyedia jasa internet mana yang memiliki kualitas dan layanan yang bagus. Tapi untuk saat ini saya hanya akan mengulas mengenai penyedia jasa internet di Malaysia. Karena sekarang saya bekerja disini (Malaysia). Namun seblumnya saya ingatkan, ulasan ini tidak bisa dijadikan acuan. Karena di beberapa titik terntentu bisa saja layanan dari ISP berkenaan sangat bagus atau mungkin lebih buruk.

Maxis (hotlink)
Penyedia jasa internet yang didirikan pada tahun 1993 ini mamatok harga paling mahal dibanding operator lainnya. Namun menurut pengalaman saya pribadi, harga yang dipatok Maxis setara dengan kualitas layanan yang diberikan. Selain itu, maxis memiliki jaringan 4G/LTE/3G terluas dan tercepat diseluruh Malaysia. Ibarat mobil sport, semakin mahal harganya semakin bagus kualitasnya. Jika misalnya kamu lebih mengedepankan kualitas dan tidak peduli dengan harga, mungkin Maxis adalah yang pas untuk kamu. 

Celcom (celcome/xpax)
Tidak jauh berbeda dari Maxis. Layananan telkomunikasi sekaligus Internet service provider milik Axiata Company ini juga memasang harga yang lumayan mahal berbanding operator lainnya, namun harga untuk tiap-tiap paket masih dibawah harga Maxis. Bicara kualitas dan layanan, perusahan telkomonikasi sekaligus pemilik Xpax ini cukup bagus dan jaringannya juga luas. Celcom juga memiliki layanan 4G/LTE/3G.

DiGi
Perusahaan telekomunikasi yang identik dengan warna kuning ini tercatat memiliki sebanyak 12.299 juta pelanggan mobile pada kuartal 4 tahun 2016. Dimiliki oleh Telenor Group yang berkantor pusat di D’House, Lot 10, Jalan Delima 1/1, Subang Hi-Tech Industrial Park, 40000 Shah Alam, Selangor. Samahalnya dengan Celcom, DiGi juga menyediakan jasa internet untuk pelangganya. Adapun Harga internet yang dipatok oleh DiGi terbilang harga normal untuk saat ini. Adapun kualitas dan layanan yang diberikan cukup baik. Masalah koniktivitas, jaringan 4G/LTE milik DiGi yang pernah saya coba di titik terkuat kecepatan datanya pada angka 40mbps/sec; dan hal itu bisa saja bertambah seiring berjalannya waktu.

TuneTalk
Perusahaan telkomunikasi yang juga menyediakan jasa internet beroprasi sejak 19 aguatus 2009. TuneTalk juga memasang harga yang cukup normal untuk tiap-tiap paket internetnya. Adapun kualitas dan layanan yang diberikan tidak terlalu buruk. Dari setiap isi ulang dan pembelian paket internet kamu akan mendapatkan big point yang nantinya bisa ditukar dengan tiket AirAsia. Menurut pengalaman saya pribadi, angka yang pas untuk menilai TunTalk adalah 5 dari 10.

uMobile
Kalau layanan telkomunikasi dan ISP ini adalah yang paling dan termurah di Malaysia. Bayangkan saja, harga internet yang dipatok uMobile 2-3X lipat lebih murah dibanding harga internet milik operator lain. Namun masalah kualitas dan layanan yang diberikan gak semurah harga internetnya. Dalam artian uMobile memiliki nilai yang menurut pengalaman saya tidak cukup bagus. Misal: sering mengalami gangguan sistem, kecepatan internet yang lumayan lambat, bahkan dalam kualitas normal. Tapi jika kamu termasuk orang yang ngirit dan sabar, uMobile adalah layanan yang pas untuk kamu pakai.

YES4G
Jasa penyedia internet ini terbilang cukup baru di Malaysia. Saya sendiri tidak banyak tahu mengenai YES, karena tidak sampai satu bulan saya menggunakan layanannya. Jika bicara harga, YES memasang harga normal. Dan layanannya cukup bagus untuk wilayah Kuala Lumpur – Selangor (bandar). Mungkin karena masih baru atau karena hal lain saya tidak tahu, tapi yang pasti YES tidak mendukung perangkat iPhone. Dan itu telah saya konfirmasi langsung costumer servicenya.

Demikian ulasan mengenai penyedia jasa internet di Malaysia. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Karena ulasan ini dari pengalaman saya pribadi. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi contack support masing-masing.


Artikel ini sudah lebih dulu di publikasin di www.ariesnsc.com (no access) dengan menerima 5 bintang penuh dari para oembaca.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Review ISP Malaysia: Maxis, Celcom, TuneTalk, Digi, uMobile dan Yes4G"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel