-->

Support Me

Kehabisan Memori? Jangan Galau! Ini Dia Cara Mengatasinya

Banyaknya kebutuhan dan semakin meningkatnya ukuran aplikasi pihak ketiga sering menjadi masalah besar bagi pengguna smartphone khususnya perangkat dengan kapasitas penyimpanan kecil.

Dengan itu seringkali pengguna yang memiliki smartphone dengan memory 16GB kebawah merasa tidak berguna lagi ketika ruang penyimpanan sudah penuh dan tidak lagi bisa menampung data seperti foto, aplikasi, audio & video.

Nah, bagi kamu yang mengalami depresi tinggi gara-gara kehabisan ruang memori, saya ada tips mengenai cara ampuh untuk mengoptimalkal smartphone dengan jumlah ruang penyimpanan kecil seperti 8GB dan 16GB. Apa saja? Berikut ini caranya.

Hapus Foto & Video Tidak Penting
Pertama yang harus dilakukan adalah menghapus foto dan video yang dinilai tidak begitu penting. Karena kedua hal tersebut sangat berpengaruh pada ruang penyimpanan di smartphone kamu. Mengenai foto yang tidak penting bisa berupa duplicat foto, tangkapan layar, dls.

Hapus data & file yang sudah usang
Seringkali pengguna tidak peduli dengan data atau file yang telah usang atau sudah tidak digunakan lagi. Padahal, data tersebut akan semakin memakan ruang penyimpanan kamu. Untuk itu, segeralah hapus data usang tersebut seperti riwayat browser dan riwayat chat dari aplikasi pesan instan seperti Telegram/whatsapp/bbm/line/weechat dan lain sebagainya. 

Hapus aplikasi & games yang tidak terpakai
Aplikasi dan games yang terinstall di smartphone kamu akan sangat berdampak pada ruang penyimpanan. Untuk itu, sebaiknya kamu menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Karena hal tersebut akan semakin membebani daya memori dan RAM smartphone kamu. Sehingga menyebabkan turunnya performa.

Gunakan penyimpanan awan
Menggunakan penyimpanan awan seperti iCloud/google drive & dropbox adalah solusi yang tepat untuk smartphone dengan ruang penyimpanan yang kecil. Caranya, cukup upload data dari smartphone kamu ke pengimpanan awan, jika sudah silahkan hapus data dari smarphone kamu yang telah di upload tadi. Selain dapat mengurangi beban memori yang ada, menyimpan data di penyimpanan awan mengurangi resiko kehilangan data. Karena kamu bisa mengaksesnya dimana saja dan kapan saja. Selagi terhubung ke jaringan internet.


Demikian artikel cara mengoptimalkan memori smarphone yang berkapasitas kecil. Jika misalnya ada pertanyaan silahkan tinggalkan dikolom komentar bawah ini, ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kehabisan Memori? Jangan Galau! Ini Dia Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel